FILM CITO-CITO DIRMAN
Film
pendek yang berjudul Cito-cito Dirman, dibuat berangkat dari ide beberapa orang
siswa Kelas VI SD Negeri 70 Kota Jambi. Mereka memberikan usul kepada wali
kelasnya agar Ujian Praktek Bahasa Indonesia tidak hanya bermain peran di depan
kelas, mereka menginginkan agar peran mereka dapat mereka lihat dan di koreksi
bersama-sama.
Berdasarkan
ide tersebut, saya sebagai guru Pendidikan Agama Islam berkolaborasi dengan
wali kelas VI untuk mencoba membuat skenario yang mengintegrasikan pembelajaran
Bahasa Indonesia dan pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Keterkaitan materi
pembelajaran :
Pembelajaran
bahasa Indonesia kelas 6 SD :
Aspek
membaca : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama
Aspek menulis : Mengungkapkan
pikiran dan informasi secara tertulis
Aspek
mendengar : Memahami wacana secara lisan tentang berita dan drama pendek
Aspek
berbicara : Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan
Karakter
siswa yang diharapkan : Kerja keras, bersahabat, komunikatif dan tanggungjawab
Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam SD Kelas 6:
Materi
Pembelajaran : Membiasakan akhlak terpuji, contoh akhlak terpuji dan akhlak
tercela
Karakter siswa yang
diharapkan : rasa hormat dan perhatian, tekun, berani, peduli, dan jujur
Pemain
dalam film ini melibatkan seluruh siswa kelas 6, wali kelas 6 dan beberapa
orang tua murid. Film ini menceritakan tentang cita-cita seorang anak yang
bernama Dirman. Dirman adalah anak pintar yang berasal dari keluarga miskin.
PENAYANGAN PERDANA FILM CITO-CITO DIRMAN